Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Tanjungpinang Ajak Masyarakat Aktif Awasi Pelaksanaan Pilkada Tahun 2024

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

TANJUNGPINANG– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk aktif mengawasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan segera diselenggarakan. Ajakan ini disampaikan langsung oleh Anggota Bawaslu Tanjungpinang Divisi Hukum, Pencegahan, Parnas, dan Humas, Rapida Nuriana, dalam acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang berlangsung di Hotel CK pada Minggu, (11/08).

Dalam sambutannya, Rapida Nuriana menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mengawasi setiap tahapan Pilkada.

“Pesta demokrasi ini merupakan wujud kedaulatan rakyat, dan kita semua memiliki tanggung jawab untuk memastikan pelaksanaannya berjalan dengan baik dan tanpa kecurangan,” ujarnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk turut mengawasi kinerja para penyelenggara Pilkada, demi terbentuknya pemilihan yang berkualitas.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk Forum RT/RW, Majelis Taklim, serta unsur-unsur lain dari masyarakat Tanjungpinang. Selain itu, praktisi hukum dan akademisi, Fahmy Amrico, hadir sebagai narasumber, memberikan wawasan mengenai nilai-nilai pengawasan dalam konteks pemilihan kepala daerah.

Dalam paparannya, Fahmi Amrico menekankan pentingnya pendidikan politik dan peran aktif masyarakat dalam mengawasi proses Pilkada.

“Pengawasan oleh masyarakat adalah perpanjangan tangan dari demokrasi itu sendiri. Informasi dari masyarakat terkait pelanggaran sangat diperlukan oleh Bawaslu untuk menciptakan Pilkada yang bersih dan adil,” jelas, Fahmi

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat partisipasi masyarakat dalam mengawal proses Pilkada di Kota Tanjungpinang, sehingga diharapkan dapat melahirkan pemimpin daerah yang berkualitas dan berintegritas