Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Tanjungpinang Gelar Evaluasi Hasil Pengawasan Pemilu 2019

Bawaslu Kota Tanjungpinang menggelar Rapat Evaluasi Pengawasan Pemilu Tahun 2019, bersama seluruh Panwaslu Kecamatan dan Sekretariat di Marjoly Beach, Jumat (28/06).

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhamad Zaini menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi hasil pengawasan pada setiap tahapan pemilu, hingga proses pencegahan, penindakan dan penanganan dugaan pelanggaran.

Mulai dari evaluasi pengawasan tahapan pemutakhiran data pemilih, pencalonan, masa kampanye, hari tenang, hari pemungutan dan penghitungan suara, hingga rekapitulasi tingkat PPS, PPK dan KPU.

"Terdapat sejumlah potensi pelanggaran yang dapat segera dilakukan pencegahan, serta ada pula sejumlah temuan dan laporan dugaan pelanggaran yang telah dan sedang ditangani oleh Bawaslu Bawaslu Kota Tanjungpinang bersama Sentra Gakkumdu dari unsur Kepolisian dan Kejaksaan, hingga diproses sampai ke Pengadilan", tegas Zaini tegas Zaini yang juga Kordiv.Pencegahan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga

Selama masa kampanye, terdapat ribuan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) yang melanggar aturan yang telah ditertibkan Bawaslu bersama Satpol PP dan Kepolisian. Serta menggelar sidang adjudikasi terhadap dugaan pelanggaran administrasi yang dilaporkan oleh peserta pemilu terhadap KPU Kota Tanjungpinang, dan penindakan serius terhadap sejumlah dugaan pelanggaran money politik yang terjadi.

"Bahkan saat ini Bawaslu Kota Tanjungpinang, sudah menyiapkan keterangan tertulis ke Mahkamah Konstitusi (MK) dalam Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), yang digugat oleh Partai Garuda terhadap KPU Kota Tanjungpinang.

Zaini menjelaskan bahwa Bawaslu Kota Tanjungpinang bersama Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan dan 568 Pengawas TPS sudah optimal dan maksimal melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan dalam setiap tahapan, guna tegaknya keadilan pemilu, demi menciptakan pemilu yang berintegritas.

Sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi kinerja yang telah diberikan oleh jajaran pengawas, maka Bawaslu Kota Tanjungpinang akan menyerahkan Sertifikat Piagam Penghargaan yang akan ditandatangani langsung oleh Ketua Bawaslu Republik Indonesia.

"Evaluasi ini diharapkan mampu menjadi spirit dan kekuatan Bawaslu Kota Tanjungpinang dalam peningkatan pengawasan untuk menyongsong Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2020 yang demokratis", harap Zaini

Dalam kesempatan tersebut, Zaini atas nama Bawaslu Kota Tanjungpinang mengapresiasi atas kerjasama, support dari Bawaslu Kepri dan semua stakeholder yang telah sama-sama bersinergi dalam mensukseskan Pemilu 2019.

Dengan penuh semangat kebersamaan dan kekompakan seluruh jajaran pengawas menyerukan motto spirit Bawaslu; "Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu".

Tag
Berita